Pelatihan Public Speaking Di STIE Miftahul Huda Subang: Mahasiswa Di Bimbing untuk Berani Berbicara dan Berani Bertindak

Subang, 12 Desember 2023 – Pada Sabtu (9/12), Ikatan Mahasiswa Management (IMAGE) STIE Miftahul Huda Subang menggelar pelatihan Public Speaking dengan tema “Dare to speak, dare to action ” sebagai upaya pengembangan Mahasiswa untuk berani berbicara dan berani bertindak. Acara ini merupakan program kerja dari departemen Sumber Daya Manusia di bawah naungan IMAGE.

Kepala Departemen SDM, Najib Juhaidi Hasan, mengutarakan bahwa ini kali ketiga IMAGE mengadakan Pelatihan Public Speaking. Selain itu, Ia juga mengucapkan rasa terimakasih yang teramat besar khususnya kepada panitia yang telah mempersiapkan acara ini dari jauh-jauh hari. Najib juga menyampaikan harapan agar Mahasiswa mampu meng-implementasikan apa yang pemateri sampaikan, “semoga apa yang pemateri sampaikan bisa di implementasikan dalam kegiatan sehari-hari untuk aktivitas di dalam kampus atau di luar kampus dan semoga acara berikutnya lebih luar biasa lagi,” ucapnya.

Achmad Dani, Ketua IMAGE, menyatakan bahwa pelatihan Public Speaking ini sangat penting untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan berkomunikasi dengan efektif. Dia menambahkan bahwa pelatihan ini juga bertujuan untuk membangun rasa percaya diri, mengelola ketegangan saat berbicara di depan umum, serta menyampaikan pesan dengan jelas dan persuasif.

Melasanti, Wakil Ketua IMAGE, menyampaikan bahwa pelatihan Public Speaking ini sebagai wadah bagi Mahasiswa untuk mengembangkan rasa percaya diri ketika berbicara di depan umum. Dia juga menyampaikan harapan agar acara ini mampu di Implementasikan dalam kegiatan kampus maupun luar kampus.

Pelatihan ini mengundang pemateri dari Fakultas Ilmu Sosial UNJ yaitu Dicky Saputra. Pemaparan materi berjalan dengan interaktif dan sesekali diselipi pertanyaan mendadak dari pemateri yang sontak membuat peserta tertegun sejenak. Beberapa peserta melemparkan pertanyaan pada pemateri yang dijawab dengan lugas, singkat dan jelas. Pemateri juga menunjuk beberapa peserta dan panitia untuk berbicara di depan, hal itu merupakan contoh kecil dari implementasi dan penerapan “Dare to speak, dare to action”. Untuk menambah rasa percaya diri serta motivasi bagi mahasiswa, beberapa mahasiswa yang paling interaktif diberikan penghargaan berupa sertifikat. Terakhir, pemateri menyampaikan pesan bahwa “Menjadi seorang pemuda yang keren adalah sebuah keinginan, tetapi menjadi seorang pemuda yang bermanfaat adalah sebuah keharusan, semangat menebar kebaikan dan tetap tersenyum, mari bergerak untuk berdampak, berkolaborasi untuk beraksi sebagai wujud dedikasi untuk negeri,” ucapnya.

Terakhir, Ketua Pelaksana, Burhanudin Yusuf, menyampaikan terimakasih yang teramat sangat khususnya kepada pimpinan kampus, dosen, pemateri, presma, ormawa kampus serta peserta dan semua pihak yang terlibat dan ikut mengsukseskan acara ini. Antusiasme yang sangat besar sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *